Expired-kah Alat Make Up kamu?

Sudah jadi rahasia umum jika setiap cewe dituntut untuk bisa tampil cantik, terutama buat kamu yang memiliki profesi bertemu dengan banyak orang. Meeting sama klien dengan wajah berminyak? Ih nggak banget deh! Untuk acara penting seperti itu, tentunya akan lebih baik kalau kamu mempercantik diri dengan make up. Mau make up natural atau glamor itu tergantung dari tema acara dan kepribadianmu.


Tapi jangan cuma bisa asal pakai aja lho, karena alat make up juga punya masa kadaluwarsa. Bila peralatan make up-mu telah mengalami perubahan tekstur, menjadi lebih cair atau kental dan memiliki bau yang lebih tajam, be ware ladies your make up stuffs are already expired! Sebelum membahayakan kesehatan, sebaiknya kamu harus tahu kapan masa kadaluwarsa peralatan make up yang kamu miliki.


Foundation
Batasan waktu foundation tergantung dari kandungan formulanya. Foundation cair with water based batas penggunaannya adalah satu tahun, sedangkan foundation cair with oil based memiliki batas kadaluwarsa sekitar 18 bulan. Untuk foundation padat lebih lama memiliki batas kadaluwarsa, yaitu sekitar dua tahun.


Face Powder
Bedak wajah atau bedak tabur punya batas kadaluwarsa yang sama, yaitu bisa bertahan sampai dua tahun.


Blush On
Blush on bubuk atau padat bisa bertahan hingga dua tahun, sedangkan blush on krim hanya bertahan sampai satu tahun.


Lipstick
Biasanya lipstick mampu bertahan sampai setahun. Tetapi, lipstick dengan tekstur kering bisa tahan sedikit lebih lama dibandingkan dengan tekstur basah (glossy).


Mascara & Eye Shadow
Batas kadaluwarsa mascara terbilang sangat pendek yaitu hanya sekitar tiga sampai lima bulan. Sedangkan untuk eye shadow, biasanya bertahan sampai satu tahun.


Eye Liner
Eye liner berbentuk pensil mampu bertahan sampai jangka waktu setahun, sedangkan eye liner cair hanya bertahan sekitar 3-4 bulan.


Namun khusus untuk mascara dan eye liner cair, kamu harus jauh lebih teliti lho! Bila kedua alat make up itu terlihat kering dan susah untuk dibubuhkan, bukan berarti produk tersebut sudah expired. Sebelum kamu terlanjur membuangnya, cobalah rendam terlebih dahulu dengan air panas. So, sudah expired-kah alat make up kamu?

0 komentar:

Posting Komentar